Soal Ujian Nasional 2015 Lima Paket?

| Thursday, January 29, 2015
 TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun lalu, peserta UN mendapat 20 paket soal yang berbeda. Namun tahun ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan baru, yaitu paket soal yang nantinya akan dipakai dalam UN 2015 hanya berjumlah lima paket.
Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji. Menurutnya, kebijakan baru tersebut berguna untuk meminimalisir kesalahan naskah soal dalam penyelanggaraan UN di tahun-tahun sebelumnya.
Aji menjelaskan, kesalahan yang jamak terjadi di tahun sebelumnya adalah pengawas UN tidak membagikan soal bersamaan dengan lembar jawaban. Sehingga ada perbedaan barcode naskah soal dengan hasil di lembar jawaban siswa.
"Maka untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, tahun ini jumlah paket soal dibuat jauh lebih sedikit. Jika jumlah paket soal ada 20, kesalahan teknis pun semakin banyak sehingga harus dicek berkali-kali," ujar Aji, Selasa (13/1/2015).

0 comments:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲